news ekonomi sport otomotif hiburan wisata opini politik foto indeks
Edamame Indonesia Serbu Pasar India

TRIPODNews.id -  Untuk meningkatkan pertumbuhan pasar ekspornya, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT), perusahaan di bidang perkebunan, berhasil mengekspor edamame berkualitas tinggi yang dikenal sebagai Edashi dan Mukimami (edamame kupas) ke India pada kuartal kedua tahun 2023, khususnya pada bulan Mei dan Juli. Edashi merupakan brand edamame produksi PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT), anak perusahaan ANJT yang berlokasi di Jember, Jawa Timur.

Imam Wahyudi, Direktur Utama GMIT, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini dan menyatakan bahwa ekspor edamame ke India adalah langkah besar bagi perusahaan. Ia juga mencatat bahwa pada Maret 2021, mereka berhasil memulai ekspor edamame beku ke Jepang, membuktikan bahwa produk berkualitas tinggi mereka memenuhi standar ketat pasar internasional. Imam yakin bahwa produk edamame Indonesia memiliki potensi besar untuk meraih pasar global.

Dalam periode tujuh bulan tahun 2023, volume penjualan edamame beku merek Edashi telah tumbuh hingga 7 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan komitmen ANJT dalam memproduksi pangan berkualitas tinggi yang memenuhi standar internasional dan mendukung petani lokal melalui kolaborasi berkelanjutan.

GMIT menggunakan model kolaborasi dalam operasionalnya, memberikan pelatihan agronomi dan pendampingan lapangan kepada petani lokal di Jember, Jawa Timur, untuk meningkatkan hasil dan kualitas edamame. Imam menyatakan bahwa ANJT berencana untuk terus meningkatkan ekspor edamame berkualitas tinggi dan berkontribusi positif pada perekonomian nasional. Mereka juga berencana melakukan penetrasi pasar ke negara-negara di Eropa, Timur Tengah, Singapura, Malaysia, dan pasar Asia lainnya selain Jepang.

Terkini